Jumat, 18 Mei 2012

AL BALAD SURGA BELANJA DI JEDDAH


Al Balad, Surga Belanja di Jeddah

Tidak lengkap rasanya jika berada di Jeddah tanpa mengunjungi Al Balad. Di pusat kota ini terdapat kawasan yang menjadi surga untuk para pembelanja (shopaholic).












 





Pedagang di Al Balad berasal dari banyak negara seperti Afrika, Pakistan, India, Filipina, dan Indonesia. Ingin belanja murah meriah di Jeddah? Datanglah ke Al Balad. "Shop till you drop".
Jika lelah berbelanja, pengunjung bisa beristirahat sejenak di taman yang terletak di tengah Al Balad. Sayangnya, kawasan ini terkesan kotor.























Di kota Jeddah terdapat sekitar 1.300 masjid, salah satunya di pusat perbelanjaan Al Balad. Di setiap masjid di Arab Saudi, ruangan salat laki-laki dan perempuan dipisah. Ini adalah penanda untuk ruangan salat wanita di sebuah masjid di Al Balad.
























 Di Arab Saudi, setiap kali berkumandang adzan, para pedagang langsung menutup atau meninggalkan tokonya untuk menunaikan ibadah salat. Para pengunjung pun bisa menyempatkan diri salat di tengah kesibukannya berbelanja.
























Al Balad adalah pusat kota Jeddah, yang merupakan kota terbesar nomor dua di Kerajaan Arab Saudi setelah ibukota Riyadh. Kata Al Balad itu sendiri berarti "kota".




















Pedagang cincin sedang "merayu" calon pembeli. Satu pak cincin berjumlah 30 buah dijajakan seharga 100 riyal, atau sekitar Rp 8.000 per buah.























Tenda "Bakso Mang Oedin". Di Al Balad memang banyak toko yang bernuansa Indonesia, karena di musim haji ratusan ribu jamaah asal Indonesia biasa menyerbu kawasan ini untuk memburu oleh-oleh.























Kacang yang disangrai (digoreng tanpa minyak), diberi asin untuk menambah rasa. Penganan sederhana ini dijual 1 riyal per bungkus kecil





















 Seorang pedagang jagung bakar di Al Balad -- seperti Dago di Bandung atau di kawasan Puncak.





















Al Balad boleh jadi mirip kawasan Glodok atau Tanah Abang di Jakarta, sebuah pasar besar yang menjual segala macam barang dari merek top sampai tradisional ala kaki lima.




















Di toko ini, setiap barang dijual seharga 1 riyal.........























Al Balad merupakan kawasan perbelanjaan mulai dari mal yang menjual barang-barang bermerek top sampai barang eceran di kelas kaki lima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar