Sabtu, 26 Mei 2012

PENYEBAB PENYAKIT LUPUS


PENYEBAB PENYAKIT LUPUS


Harus benar-benar diwaspadai.
Penyakit lupus adalah penyakit dengan kekebalan tubuh berlebihan atau penyakit sistem imunitas yang mana jaringan dalam tubuh dianggap benda asing dan sangat berbahaya bagi nyawa seseorang. Sistem imunitas ini dapat mengenai beberapa organ dalam tubuh lainnya seperti tulang, ginjal, paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, kulit dan sel-sel darah.

Penyakit lupus dalam ilmu kedokteran disebut Systemic Lupus Erythematosus dan tebilang penyakit baru yang mematikan. Berbicara tentang penyakit lupus, dapat disimpulkan juga sebagai peniru penyakit kulit karena juga merupakan kebalikan dari kanker dan HIV/AIDS. Pada penyakit lupus penderita seperti memiliki kelainan kulit. Penyakit ini sangat sulit dibedakan dengan penyakit kulit lainnya. penderita akan mengeluarkan bintik-bintik merah pada kulit seperti wajah, tangan, dada, lengan, dan perut.

Penyebab penyakit lupus 

Disebabkan karena adanya faktor kepekaan, infeksi, pemakaian obat-obatan berlebihan, mengkonsumsi pil dalam jangka lama, beban kerja berlebihan, terkena sinar matahari langsung dan stress. Pada umumnya penyakit ini diderita oleh wanita berusia 50 tahun namun pria pun juga bisa mengalaminya.

Gejala penyakit lupus

Secara umum penderita akan mudah lelah, pegal-pegal, demam, anemia dan rambut rontok. Gejala ini akan terjadi disaat penyakit lupus sedang aktif dan akan hilang bila sedang nonaktif. Bila terkena pada dada penderita akan terasa susah bernafas dan muncul bintik merah disekitar dada. Gejala-gejalanya tidak dapat dipastikan dengan terjadinya pembengkakan atau tidak, bagian tubuh yang terkena penyakit lupus akan terasa nyeri dan menimbulkan kemerahan di daerah yang terserang.

Penyembuhan penyakit lupus 

Dilakukan dengan cara menghindari hal yang menyebabkan stress, hindari tubuh dari kontak langsung dengan matahari, kurangilah beban kerja yang terlalu berat, dan yang terakhir hindari pemakaian obat-obatan tertentu, bila pun perlu anda mengkonsumsinya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Itulah tips sehat tentang penyebab penyakit lupus yang bisa anda ketahui. Menjaga kesehatan dari berbagai penyakit tidaklah mudah. Anda harus benar-benar memperhatikannya setiap saat agar dapat dipastikan bahwa tubuh betul-betul sehat. Semoga artikel di atas memberikan manfaat bagi banyak orang. Salam s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar