Selasa, 22 Mei 2012

MANFAAT AJAIB SERAI UNTUK KESEHATAN


MANFAAT AJAIB SERAI UNTUK KESEHATAN

JENIS tanaman yang satu ini termasuk ke dalam anggota suku rumput-rumputan. Serai biasa dijadikan sebagai bumbu pada masakan karena aromanya yang khas. Namun sebenarnya serai bukan hanya sekedar pelengkap bumbu. Jauh dari itu, tamanan bernama latin Cymbopogon citratus ini memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan karena kandungannya.
Dalam penelitian yang dikutip dari ehow.com menyebutkan bahwa serai membantu dalam pemulihan dari pilek dan flu, mengurangi demam, kram, perut kembung dan nyeri rematik serta membantu pencernaan terutama pada anak-anak.

Sebuah penelitian dari The Science and Technology Department's Food and Nutrition Research Institute yang dikutip dalam livestrong.com telah menentukan bahwa serai memiliki manfaat antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker, selain itu juga sebagai obat efektif untuk infeksi pada mata.

Para ahli dalam penelitian tersebut menambahkan bahwa dalam serai terdapat kandungan zat anti-mikroba dan anti bakteri yang berguna sebagai obat infeksi pada lambung, usus, dan saluran kemih.

Hal lain yang terdapat dalam serai yaitu kandungan Anti-piretik yang dimiliki serai bermanfaat dalam menurunkan panas. Selain itu senyawa analgesik yang membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri sendi, dan nyeri otot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar