Sabtu, 26 Mei 2012

GEJALA SINUSITIS DAN CARA PENGOBATANNYA


GEJALA SINUSITIS DAN CARA PENGOBATANNYA

 Sinusitis adalah penyakit yang terjadi pada sinus paranasal. Sinus paranasal merupakan rongga yang ada di daerah wajah seperti tulang pipi, tulang dahi dan pangkal hidung. Sinus atau Sinusitis disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan di bagian atas. Infeksi inilah yang akan membahayakan tulang wajah dan kesehatan. Gejala sinusitis mudah dikenali. Tips sehat memberikan pencerahan melalui artikel ini tentang gejala dan cara mengobati sinusitis.

Penderita sinusitis di Indonesia saat ini belum cukup banyak. Begitu juga di negara lain. Namun diperkirakan tiap tahun akan terus bertambah. Penyakit ini harus mendapat perhatian dari para orang tua agar tidak menyerang si buah hati. Penyebab sinusitis antara lain disebabkan oleh infeksi, debu atau kotoran yang masuk lewat hidung, gangguan pernafasan, dan benda atau sesuatu yang dapat menghambat aliran dari sinus ke rongga hidung.

Gejala sinusitis di antaranya permukaan wajah terasa nyeri, hidung mampet seperti sedang pilek, mengeluarkan ingus agak kekuningan, batuk, badan panas, bau nafas kurang sedap meski habis sikat gigi, dan telinga terasa sakit. Apabila gejala di atas terjadi pada anak anda, segeralah periksakan kesehatan  ke dokter spesialis agar mendapatkan perawatan lebih lanjut. Mengetahui gejala sinusitis lebih awal dapat mencegah penyakit sinusitis menyerang anak anda.

Cara mengobati sinusitis dapat anda lakukan sendiri di rumah dengan buah manggis. Buah manggis dipercaya dan sudah banyak yang membuktikan sebagai obat herbal alami untuk mengobati penyakit sinusitis. Caranya, boleh langsung dikonsumsi atau dibuat jus buah manggis. Anak-anak tentu sangat menyukai jus buah, termasuk jus manggis.

Selain itu biasakanlah mengairi sinus (rongga di belakang hidung) dengan cara menghirup air. Ajaran pada agama islam sangat benar bahwa sunah hukumnya menghirup air sebelum berwudhu. Ternyata hal ini sangat besar manfaatnya bagi kesehatan sinus. Lendir yang ada dalam sinus akan lembab dan basah sehingga mudah keluar. Mencegah sinusitis dapat dilakukan dengan selalu membersihkan rumah dan kamar tidur anda dari debu-debu. Debu yang masuk ke dalam sinus tanpa disadari akan membuat anda menderita penyakit sinusitis.

Tips sehat lainnya untuk mencegah sinusitis adalah biasakan minum minuman hangat kuku. Makanan dan minuman yang hangat akan membantu memperlancar aliran sinus ke rongga hidung sehingga dapat membersihkan lendir keluar dari sinus.

Dengan mengetahui gejala sinusitis sejak dini, maka pengobatannya akan semakin mudah. Mari membiasakan hidup sehat dengan memanfaatkan buah dan sayuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar