Sabtu, 26 Mei 2012

MANFAAT BUAH DURIAN UNTUK KESEHATAN


MANFAAT BUAH DURIAN UNTUK KESEHATAN


Manfaat durian memang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Pada umumnya masyarakat menyukai buah durian karena rasanya yang manis saja. Ternyata buah yang berharga lumayan mahal ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Buah yang memiliki nama latin (Durio Zibethinus L.) merupakan raja dari semua macam buah. Rasanya yang enak dan aromanya yang menyengat hidung menjadikan buah ini banyak disukai oleh anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Namun, yang harus anda ketahui adalah mengkonsumsi buah durian tidak boleh berlebihan. Karena kadar kolesterol yang terkandung pada durian sangat tinggi. Khususnya bagi yang memiliki tekanan darah tinggi, wanita hamil dan wanita menyusui.

Apa saja manfaat dan khasiat yang terkandung dalam buah durian? Berikut ulasannya untuk anda.

-         Mengandung banyak zat gizi seperti protein, serat, kalsium, lemak, zat besi, karbohidrat, magnesium, fosfor dan lain-lain.
-         Mampu menurunkan kolesterol darah.
-         Sebagai pembersih darah.
-         Merupakan sumber lemak mentah sehingga dapat meningkatkan tekanan darah rendah. Ini membuktikan bahwa manfaat durian yang penting bagi kesehatan.
-         Kandungan fosfor yang ada pada buah durian mampu menguatkan gigi dan menghilangkan bau mulut.
-         Vitamin B6 dan piridoksinnya mampu mengurasi stress, depresi dan kegelisahan.
-         Durian mampu menyembuhkan sakit kepala karena durian mengandung vitamin B2.
-         Vitamin B1nya mampu menambah nafsu makan.
-         Buah durian mampu menjaga kesehatan kelenjar tiroid karena buah durian mengandung senyawa tembaga.
-         Menjaga kestabilan kadar gula darah asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.
-         Kalsiumnya mampu menjaga kesehatan tulang dan persendian.
-         Berkhasiat menghambat penuaan dini karena mengandung vitamin C.
-         Mampu mengatasi sembelit karena mengandung serat.
-         Dipercaya sebagai obat penyakit kuning.




Hal penting yang harus anda ketahui yaitu cara memilih buah durian yang bagus. Anda harus lebih cermat dan teliti dalam memilih durian. Anda boleh meminta penjual untuk membelah durian yang akan anda beli. Bahkan kalau perlu anda pun bisa mencobanya. Hal ini untuk memastikan agar kualitasnya benar-benar bagus. Saat ini sudah banyak terjadi durian suntik. Yaitu durian yang masih muda diberi pemanis agar rasanya tetap manis. Dengan adanya durian suntik manfaat durian yang alami tidak bisa kita rasakan. Jadi pilihlah durian yang asli agar kita benar-benar merasakan manfaatnya.

Itulah tips sehat tentang manfaat durian. Anda dapat mengkonsumsinya dari sekarang dan rasakan manfaatnya. Mudah-mudahan penjelasan di atas memberikan manfaat dan membantu meningkatkan kesehatan anda. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar