Sabtu, 26 Mei 2012

CARA MEMBERSIHKAN KARANG GIGI


CARA MEMBERSIHKAN KARANG GIGI

Berikut semata-mata ingin berbagi pengetahuan positif untuk anda. Dengan pola hidup sehat, mudah-mudahan kita selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Tuhan yang Maha Esa.

Karang gigi atau kalkulus merupakan plak dan zat kapur yang menempel pada gigi. Plak sendiri adalah kuman yang terdiri dari lapisan bening pada gigi. Sisa makanan yang menempel pada gigi jika tidak segera dibersihkan akan dicerna oleh kuman dan akhirnya akan mengeras seperti batu, dan jadilah karang gigi. Tentu hal ini akan mengganggu penampilan dan membuat kita malu terutama saat berbicara dengan orang lain.

Karang gigi pada dasarnya berwarna kuning. Namun nantinya akan berwarna biru kehitaman yang disebabkan oleh rokok, kopi, atau makanan yang kita konsumsi setiap hari. Adanya karang gigi menandakan bahwa gigi kita tidak sehat. Hal ini akan menyebabkan gigi rusak, gusi bengkak, berdarah, bau mulut, gigi tidak kuat bahkan keropos.

Untuk membersihkan karang gigi tidak cukup dengan gosok gigi saja, bahkan tidak akan lepas karena saking kuatnya menempel pada gigi. Ada beberapa cara membersihkan karang gigi yang baik dan alami. Berikut tipsnya :

a.    Rajin gosok gigi pagi dan malam hari sebelum tidur.
b.   Biasakan kumur-kumur sesudah makan. Gosok gigi lebih baik.
c.    Kurangi merokok.
d.   Minum air putih lebih sering dari biasanya sambil dikumur-kumurkan.
e.    Kurangi mengkonsumsi makanan yang mudah menempel pada gigi.
f.     Hindari menghilangkan karang gigi dengan menggunakan benda tajam seperti jarum atau benda tajam lainnya.
g.   Agar lebih aman, periksakan ke dokter gigi dan mintalah agar karang gigi dibersihkan. Biasanya menggunakan scaller alat khusus untuk membersihkan karang gigi.

Demikian tips sehat tentang bagaimana cara membersihkan karang gigi secara alami. Rawatlah gigi dengan baik agar selalu sehat. Salam sehat.

1 komentar:

  1. TUSKA'S STEEL CANTRA: Titanium Gravel Bike
    TUSKA'S STEEL CANTRA: Titanium Gravel Bike: 1.00 - titanium pans 3.00 - titanium bolts 1.00. Share. 0 Comments fallout 76 black titanium sorted by. Featured. The Ultimate titanium iphone case Price Boost (FREE) aftershokz titanium

    BalasHapus