Sabtu, 26 Mei 2012

CARA MENGATASI GUSI BENGKAK


CARA MENGATASI GUSI BENGKAK

Gusi bengkak dapat dikatakan tingkatannya masih dibawah sakit gigi. Lain halnya dengan sakit gigi, gusi bengkak awalnya memang tidak terasa sakit. Meski demikian, kita jangan menganggap remeh gusi yang membengkak. Karena jika tidak segera diatasi, gusi yang bengkak akan terasa nyeri. Tentu hal ini akan sangat menjengkelkan.

Gusi adalah kulit melapisi gigi yang aslinya transparan, memiliki fungsi melindungi namun bersifat sensitif. Warna merah muda pada gusi dikarenakan darah yang mengalirinya. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan gusi yang sensitif ini agar tidak mudah bengkak dan berdarah.

Gusi bengkak atau peradangan gusi juga dikenal dengan Gingivitis. Gingivitis dapat menimpa siapa saja baik anak-anak, remaja dan orang dewasa. Sejak pertama kali gigi tumbuh, sejak itu pula kita berpeluang terkena gingivitis atau pembengkakan gusi.

Gusi bengkak 

pada gejala awal tidak terasa sakit. Kebanyakan orang menganggap hal ini biasa saja padahal jika dibiarkan, dapat menyebabkan gigi tidak kuat, sakit gusi, berdarah, nyeri dan sebagainya. Faktor penyebab gusi bengkak pada umumnya disebabkan oleh bagaimana cara kita membersihkan mulut. Plak yang ada dalam mulut dan menempel di gigi harus teratur kita bersihkan. Misalnya dengan cara menggosok gigi terutama saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

Selain rajin menggosok gigi, usahakan juga menghindari rokok. Nikotin dalam rokok mudah menempel pada gigi dan menyebabkan karang gigi, gusi bengkak dan sebagainya. Karena gusi sangat sensitif, perlu diperhatikan pada saat menggosok gigi usahakan untuk melakukannya dengan perlahan agar gusi tidak membengkak apalagi sampai berdarah.

Cara mengatasi gusi bengkak atau Gingivitis kita tidak harus menjauhi makanan tertentu yang sekiranya dapat menyebabkan gusi membengkak, namun cukup menjaga kebersihan gigi dan gusi secara teratur setiap habis makan. Itulah tips sehat mengetahui gejala dan penyebab umum gusi bengkak untuk anda. Rawatlah selalu gusi kita agar tetap sehat dan kuat. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar