Senin, 21 Mei 2012

RAMUAN OBAT KUNO UNTUK KESEHATAN

0 . KHASIAT KAPUR SIRIH UNTUK MENGHILANGKAN TAHI LALAT


Tahi lalat yang tumbuh pada bagian wajah yang tidak diinginkan bisa mengurangi ketampanan atau kecantikan seseorang. Bila kebetulan dibagian wajah anda terdapat tahi lalat semacam itu dan anda ingin menghilangkannya, lakukan seperti petunjuk dibawah ini :
a. Sediakan kapur sirih dan sabun mandi dengan perbandingan ukuran yang sama.
b. Campur dan remas-remaslah hingga kedua bahan tersebut menyatu, kemudian beri sedikit air bersih.
c. Bila sudah selesai, oleskan pada tahi lalat anda dengan digosok secara perlahan-lahan dan usahakan jangan sampai mengenai kulit. Ulangi hingga beberapa kali, dengan demikian tahi lalat akan rontok dengan sendirinya tanpa meninggalkan luka.

1 . Mencegah rambut rontok

Rambut merupakan mahkota anda. Untuk itu rawatlah sebaik mungkin, agar anda tampak selalu anggun dan mempesona. Bila anda membeli semangka, manfaatkanlah disamping dagingnya yang manis dan segar itu jangan lupa kulitnya. Agar rambut anda teatap kelihatan indah dan tidak rontok, gosokkanlah kulit semangka yang tinggal dagingnya yang putih itu pada kulit kepala anda. Lakukanlah seminggu sekali, sehari sebelum keramas. Buktikan khasiatnya

2 . Menghilangkan bulu dikaki

Sudah dikodratkan bahwa wanita diberi daya pesona mengenai badan/tubuhnya. Mengenai kaki wanita, memang ada daya tarik tersendiri.usahakanlah kaki anda agar tampak indah dengan menghilangkan bulu pada kaki anda (bila ada) dengan cara tradisional berikut:
Tumbuklah sedikit merica, kapur barus dan beberapa tetes minyak tanah. Campur sampai rata. Kmudian usapkan pada kaki yang ditumbuhi bulu. Dengan sendirinya bulu-bulu kaki yang tidak dikehendaki itu akan rontok sendiri, dan anda akan memiliki kaki yang mulus. Coba praktekkan mudah-mudahan anda puas.

3 . Mengatasi ambeien dengan daun salak

Jika anda merasakan gejala-gejala yang menjadikan mbeien, cepatlah mencari obat yang paling sederhana terlebih dahulu supaya lekas teratasi. Sebab kalau sudah parah akan sulit mengobatinya. Daun salak sangat berkhasiat untuk menghilangkan ambeien yang belum parah.
Caranya:
Daun salak direbus dengan air bersih dalam ukuran 3 helai daun dengan segelas air, lalu air rebusan itu disaring dan diminum dengan gula merah. Minumlah dua kali sehari, pagi dan malam hari. Lakukan secara rutin, dalam wakyu 15 hari akan terasa perubahnnya.(sumber:aneka resep obat kuno yang mujarab,


4 . Daun bunga bakung untuk encok.

Ambillah daun bunga bakung, panaskan/panggang di atas api sampai lemas betul. Setelah hangat-hangat kuku lilitkan pada pinggang/bagian badan anda yang tersa pegal atau encok. Apabila masih sakit, lakukan berulang kali sehingga sembuh benar.

5 . Daun pacar untuk obat luka


Daun inai atau daun pacar biasanya sering dijumpai untuk pewarna kuku. Namun selain untuk pewarna kuku, ternyata daun pacar dapat juga digunakan sebagai obat luka. Jika kuku tangan anda memebengkak, atau kuku jari kaki kesandung batu, maka gunakanlah daun pacar untuk mengobatinya. Caranya: daun pacar ditumbuk sampai halus, dicampur sedikit tawas lalu tempelkan ramuan tadi pada bagian yang sakit, maka bengkaknya akan membaik.

6 . Kacang hijau untuk obat maag

Bagi yang cocok, kacang hijau dapat digunakan sebagai obat sakit maag. Ambil. 1/4 kg kacang hijau, cuci dan keringkan, gorenglah tanpa minyak (disangrai) sampai masak, angkatlah. Tumbuklah sampai halus seperti tepung. Satu sendok tepung kacang hijau yang dicampur dengan air diaminum setiap hari sampai rasa sakit berkurang. Boleh ditambah gula bila suka .(sumber:aneka resep obat kuno yang mujarab, Rahimsyah dan Atik Srihartatik, bintang usaha jaya surabaya, 2004).

7 . Daun salam untuk pengobatan kencing manis

Jika anda atau keluarga anda menderita kencing manis, ada baiknya dicoba resep ini, karena murah dan mudah didapat.
Caranya: ambillah beberapa pucuk daun salam yang masih muda dan segar. Remaslah agar pori-pori daun terbuka, masukkan ke dalam gelas, beri air hangat suam-suam kuku 1/2 gelas, diamkan sebentar agar sari daun mengendap dan warna air nenjadi hijau. Minumlah air ini. Lakukanlah setiap pagi dan sore. Untuk membantua agar obat/ ramuan ini sempurna, jangan lupa mekakukan olah raga jogging/lari pagi.


8 . Obat sesak napas

Bila anda menderita sesak napas tentu sangat mengganggu anda. Untuk itu dapat dicoba resep ramuan berikut ini, mudah-mudahan cocok. Carilah kelelawar, lalu ambil hatinya. Caranya cuci bersih 5 hati kelelawar, kemudian gorenglah. Hati ini boleh dimakan sebagai lauk pauk. Lakukanlah sesering mungkin, paling tidak seminggu anda makan 3 kali. Dalam waktu yang tidak terlalu lama sesak napas anda akan berkurang dan berangsur-angsur hilang. Ketahuilah bahwa ini juga bagi orang yang menderita asma.(sumber:aneka resep obat kuno yang mujarab, Rahimsyah dan Atik Srihartatik, bintang usaha jaya surabaya, 2004).

9 . Jika hidung terasa sakit

Bila anda atau keluarga anda menderita sakit hidung, bintik-bintik merah disekitar lobang hidung maupun darah keluar dari kedua lubang hidung, obatilah dengan bahan berikut ini:
Ambillah daun sirih bertemu urat 7 lembar, yang 3 lembar anda pipis halus, setelah itu tutul-tutulkan pada bintik bintik merah di hidung anda. Adapun sisa 4 lembar dan sirih digunakan untuk menyumbat pada lubang hidung yang dilewati darah megalir, ulangilah beberapa kali bila belum sembuh.


10 . Mengatasi kebiasaan mengorok


Bila anda tidur sambil nengorok, maka kebiasaan tersebut dapat dihilangkan dengan menggunakan obat tradisional yang cukup sederhana berikut ini: Anda cukup menyediakan. 2 ruas kunyit yang telah bersih, kemudian digecek pipih. Lalu campurkan dengan madu tawon sebanyak 2 sendok makan. Aduklah sehingga campuran kunyit dan madu itu merata dan lengket. Minumlah ramauan ini seminggu berturut-turut, jika anda lakukan dengan tekun biasanya kebiasaan mengorok akan segera hilang.

11 . Obat untuk disentri


Siapa saja dapat mudah terserang disentri. Apalagi bila sering makanan yang kurang bersih. Misalnya makanan yang tidak tertutupi rapat, sehingga dimasuki lalat. Maka dari itu selalu jagalah kebersihan terutama makanan anda. Apabila sudah menjaga makanan tapi tetap terserang disentri, dapat dicoba resep berikut ini . Cari 5 buah rumput teki, kemudian cuci sampai bersih dan keringkan. Setelah kering ditumbuk sampai lembut. Tepung dari rumput ini disedu dengan air panas. Air seduhan ini lalu diminum pada waktu pagi dan malam hari, mudah-mudahan disentri anda akan sembuh.

12 . Bunga dan daun kenanga untuk sembuhkan eksim


Untuk menyembuhkan eksim dapat digunakan daun dan bunga kenanga. Caranya sebagai berikut : carilah bunga dan daun kenanga yang baunya harum itu, Kemudian tumbuklah hingga halus, sesudah itu campurkan minyak kelapa buatan sendiri dan sebutir bawang merah yang sudah diiris tipis-tipis. Semua bahan dimasukkan dalam panci kecil, kemudian panaskan diatas kompor. Setelah paanas, angkat panci itu, lalu diamkan sebentar. Setelah hangat-hangat kuku, oleskan pada kulit yang terkena eksim dengan kapas. Lakukan setiap malam bila mau tidur. Dalam waku empat kali pemakaian biasanya akan segera sembuh.

13 . Kulit mangga untuk gangguan haid


Apabila anda membeli mangga, disamping rasanya yang segar dan banyak mengadung gizi tinggi
, artinya anda secara tidak sengaja telah memiliki keuntungan ganda. Jika anda kebetulan sedang datang bulan, maka tepat sekali membeli mangga, kulitnya jangan dibuang. Kulit mangga yang digoreng merupakan obat untuk pendarahan yang berlebihan selama haid. Ambillah kulit mangga yang masih hijau warnanya, goreng dalam minyak yang sudah panas. Setelah masak, makanlah, ulangi sampai pendarahan berkurang.


14 . Penyembuhan luka koreng dengan air kelapa


Luka/koreng yang banyak menyerang orang dewasa, mula-mulanya hanya merupakan bintik -bintik kecil. Krena terus digaruk, lama kelamaan timbullah koreng yang membesar. Untuk menghilangkan luka koreng seperti ini anda dapat mengikuti resep berikut:
Basuhlah luka /koreng dengan air kelapa. Biarkan sampai kering, kemudian baru dibasuh dengan air dingin. Atau bisa juga menggunakan salep yang terbuat dari kelapa. Caranya untuk mempeoleh air kelapa dan salep kelapa, yaitu kelapa dibagi dua, yang separoh dibakar sampai hangus seperti arang. Lalu ditumbuk halus seperti bubuk. Setelah itu bubuhilah minyak kelapa 2 sendok makan. Aduklah sehingga seperti salep.

15 . Jika haid terasa sakit


Untuk kaum wanita, mensturasi atau haid adalah sesuatu yang umum, setiap bulan pasti mengalami. Namun rasanya kadang-kadang tidak sama. Bagi yang sehat tidaklah merasakan sakit tapi ada yang pada saat haid merasakan sakit. Untuk mengobati rasa sakit tersebut dapat dicoba ramuan berikut:
Ambil sepotong gambir, 2 potong sebesar jari kelingking kunyit, 3 lembar daun sirih. Kunyit ditumbuk halus. Demikian juga gambir yang telah tercampur menjadi satu. Beri sedikit air, 2 atau 3 sendok makan, aduklah sampai rata, baru kemudian peraslah dengan memakai sehelai kain halus, ambil sari ramuan tersebut. Peraslah kuat-kuat dan sari air ramuan itu minumlah. Seketika rasa sakit pada perut akan hilang, dan mensturasi akan lancar. Jika dua hari sebelum masanya haid tiba, dan anda sudah meminum sari ramauan ini, diharapkan haid akan berjalan lancar.( sumber:aneka resep obat kuno yang mujarab, Rahimsyah dan Atik Srihartatik, bintang usaha jaya surabaya, 2004)


16 . Agar wanita/gadis langsing berisi


Untuk menjaga agar tubuh tetap langsing tetapi tidak kering, maka dapat mengikuti resep dari Madura berikut ini:
Ambilah segelas teh pahit. Daun teh yng cukup banyak apabila disedu dengan air panas akan menjad teh yang pahit. Kemudian ambil jeruk nipis dibelah menjadi empat, buang isinya kemudian peras airnya dan masukkan ke dalam gelas berisi teh pahit tadi. Minumlah teh pahit yang berisi jeruk tadi pada pagi hari setengah gelas kemudian sisanya setengah gelas diminum pada sore harinya.
Dengan berolah raga secukupnya, misalnya senam pagi atau menari balet disertai minum ramuan tadi setiap hari, maka tubuh anda akan langsing, montok dan segar.

17 . Kurang darah/anemia


Tanda penyakit ini penderita mempunyai berat badan yang tidak seimbang dengan tinggi atau besar badan. Badan terasa lemah dan kulit tampak kepucat-pucatan. sering merasa pusing, perasaan sangat sensitif sehingga mudah mengamuk dan mudah pingsn. Jika anda terkena penyakit ini cobalah membuat ramuan berikut ini:
Bahan-bahan
1. Tiga kerat lempuyang sebesar jari tangan
2. Gula jawa secukupnya
3. Kunyit secukupnya.

Cara membuatnya:
Lempuyang dan kunyit tidak dikupas kulitnya setelah dicuci langsung diparut kemudian dibubuhi gula jawa dan diperas. Kemudian rebuslah dengan air sebanyak 3 gelas. Jika dicicipi kurang manis, maka tambahlah gula jawa secukupnya. Biarkanlah sampai mendidih hingga airnya tinggal satu gelas, setelah dingin minumlah sampai habis sewaktu hendak tidur, ulangi hal ini berkali-kali. Dalam waktu 4 bulan mudah-mudahan ada perubahan.


18 . Ambein /wasir


Penyakit ini memang menyusahkan. Penderita tidak akan bertahan duduk berlama-lama di kursi. Biasanya penderita jika buang air besar disertai keluarnya darah dari lubang anus. Jangan biarkan penyakit ini berlarut-larut sampai menahun. Segeralah atasi dengan resep yang dapat dicoba berikut ini:
Bahan-bahan:
1. Beberapa daun jambu yang masih muda
2. Biji pisang klutuk (pisang yang banyak bijinya)

Cara membuatnya:
Daun jambu dan pisang klutuk dicuci bersih, pisang klutuk jangan dikupas kulitnya. Pisang diparut lalu dicampur dengan dengan daun jambu dan ditumbuk sampai halus, kemudian minum air perasan pisang dan daun jambu tersebut. Lakukan hal itu berkali kali. Pengobatan penyakit ambeien memang memerlukan waktu lama. pengobatan perlu diteruskan sekurang-kurangnya sampai satu bulan secara teratur. Dianjurkan untuk tidak makan makanan yang merangsang kambuhnya penyakit ini, terutama pedas, masam, dan yang terlalu berserat (selulosa),serta alkohol, kopi maupun teh,ikan bandeng, daging kambing, dan makanan yang bersifat panas hendaknya dikurangi, karena dapat mencetuskan timbulnya serangan ambeien. Akan lebih aman dan baik jika berpantang makakan tersebut diatas bagi penderita ambeien walaupun sudah sembuh.


19 . Sesak napas


Caranya: 10 batang sereh dikupas bersih lalu dihancurkan dan direbus dalam periuk, masukkan gula merah, setelah mendidih dan airnya tinggal +/- 1 gelas, saring dan dinginkan. Air diminum waktu tengah malam, habiskan dengan dedaknya. Ulangi seminggu 3 kali secara teratur.

20 . Sariawan

Kacang hijau
Caranya: kacang hijau mentah dibersihkan, rendam dengan air panas dan sedikit garam. Setelah dingin air tersebut digunakan untuk berkumur, ulangi beberapa kali dalam sehari.
Tomat.
Caranya: ambil satu buah tomat dicacah kasar, lalu masukkan ke dalam gelas, tambahkan 1 sendok makan gula pasir dan seduh dengan air hangat. Setelah itu minumlah airnya sambil dikumur pelan-pelan. Lakukan 2 – 3 kali sehari selama 2 – 3 hari.

21 . Rheumatik

AKar papaya gantung dan daunnya.
Caranya: akan dan 1 lembar daun papaya gantung ditumbuk halus. Beri air lalu diperas. Air perasan tadi diminum setiap sore , dan lakukan secara teratur +/- 1 minggu , maka anda akan merasakan hasilnya.

22 . Rambut hitam alami

Santan
Caranya: parutlah kelapa secukupnya kemudian berilah air dan peras sehingga menjadi santan. Selanjutnya embunkan di alam terbuka semalam. Besok paginya gunakan santan yang sudah dimebunkan tersebut untuk keramas, lalu bilas dan ulangi sekali lagi agar rambut anda menjadi hitam alami. Setelah itu bilaslah rambut anda dengan menggunakan shampo seperti biasa. Dengan cara ini anda akan mendapatkan rambut yang hitam alami.

23 . Rambut anak sangat tipis

Apabila pertumbuhan rambut anak anda terasa lama sehingga akan Nampak tipis dan tumbuhnya jarang, maka anda tidka perlu khawatir karena ada cara yang mudah untuk mengatasinya.
Daun seledri
Caranya: ambillah daun seledri secukupnya lalu cuci dan remas – remaslah daun seledri tersebut. Setelah keluar airnya, gunakan air daun seledri itu untuk dioleskan pada kulit kepalanya. Lakukan secara teratur terutama pada pagi hari, maka rambut anak anda akan tumbuh subur dan hitam.

24 . Rambut rontok

Getah pohon pisang
Caranya: tebanglah pohon pisang dan sisakan batang pohonnya separoh yang masih tertanam dan lobangi di tengah – tengahnya. Selanjutnya tutupi lobang tadi dengan daun pisang, tunggu sampai besok paginya. Setelah keluar air didalamnya, air tersebut oleskan secara rata pada pori-pori kepala. Lakukan berulang kali, rambut akan tumbuh subur.

25 . Pipi bayi terkena ASI


Pasta gigi.
Caranya: olesi pipi bayi yang terkena ASI tadi dengan pasta gigi berulang ulang sampai bintik – bintik merah hilang.
Kulit pisang kapok
Aranya : ambillah kulit pisang kapok yang sudah matang, lalu kulit pisang bagian dalam digosokkan pelan – pelan ke pipi bayi yang terkena ASI. Lakukan secara teratur, pipi bayi anda menjadi halus kembali.

25 . Pilek

Gambir (campuran untuk makan sirih)
Caranya: gambir diberi air tawar secukupnya agar kental dan diberi sedikit air asam jawa (dapat menurunkan panas), lalu oleskan campuran tadi di batang hidung dan sekitarnya sampai di dahi dan dibagian atas alis agak tebal. Sebaiknya digunakan sewaktu akan tidur.

27 . Paru – paru

Pohon ciplukan
Caranya: pohon ciplukan beserta akar – akarnya dibersihkan lalu direbus dengan air +/- ½ gelas sampai mendidih. Diminum sehari tiga kali dan lakukan secara teratur.

28 . Mimisan (keluar darah dari hidung)

Daun sirih
Caranya: daun sirih dicuci sampai bersih lalu digulung dan sumbatkan ke lubang hidung yang mimisan. Kompreslah kepalanya dengan lap basah, setelah itu disuruh reahan / tidur.

29 . Masuk angin

Caranya: masukkan jahe dan bawang secukupnya ke dalam abu yang panas sampai hampir hangus, kemudian kupas kedua bahan tersebut, setelah dikupas memarkan dan masukkan ke dalam satu gelas susu yang masih hangat dan aduklah beberapa saat. Minumlah ramuan ini selagi susu masih hangat sehingga akan cepat terasa khasiatnya.

30 . Melancarkan ASI

Ibu – ibu yang baru melahirkan kadang – kadang ada yang asi nya tidak keluar dengan lancer, maka dapat dicoba cara yang sangat sederhana berikut ini.
Bayam duri.
Caranya: ambillah bayam duri lengkap dari akar sampai bunganya dan tidak ada bagian bayam yang terbuang. Lalu cuci dan tumbuklah sampai halus, setelah itu bobok kan tumbukan hayam tersebut pada sekitar payu dara. Lakukan secara teratur sampai air susu dapat keluar dengan lancer.

31. Sakit mata

Apabila mata anda sakit kemasukan debu / kotoran, obatnya sangat mudah.
Daun sirih.
Caranya: daun sirih yang masih muda kita cuci bersih lalu remas – remas dalam air hangat – hangat kuku +/- ½ gelas, setelah airnya kelihatan berwarna kehijau – hijauan, air tersebut disaring, lalu ditaruh dalam piring / mangkok. Selanjutnya mata yang sakit tersebut kita rendam sambil kita kedip – kedipkan untuk beberapa saat ( kanan – kiri). Anda akan merasakan hasilnya.

32 . Mabok dalam perjalanan

Biasanya orang yang jarang naik kendaraan umum akan mengalami mabok bila naik kendaraan umum, untuk mencegah terjadinya mabok maka dapat mencoba cara ini. Apabila perut anda sudah merasa mual dan ingin mabok, maka segeralah anda menarik napas sedalam – dalamnya, tahan sebentar dan keluarkan lagi. Lakukan hal ini secara berulang – ulang selama perut anda masih merasa mual, dan hentikan bila rasa mual sudah tidak ada lagi. Dengan cara ini niscaya perjalanan anda akan terasa lebih nyaman tanpa gangguan mabok diperjalanan.

33 . Maag

Bawang putih laki / bawang lanang
Caranya: bawang sebesar kuku telunjuk dikunyah sehari 3 kali, pagi siang an malam, dilakukan sampai sembuh benar.
Susu kambing
Caranya: dengan meminum susu kambing mentah dua hari sekali ( pada waktu pagi)
Labu siam (waluh kuning)
Caranya:labu tidak perlu dikupas cukup dicuci saja, agar getahnya tidak keluar lalu direbus jangan terlalu lunak. Setelah itu dimakan bersama kulitnya sesering mungkin, pagi , siang , sore ataupun malam hari. Lakukan secara teratur, dalam 2 minggu aka nada perubahan.

34 . Luka memar

Apabila anda menderita luka memar akibat pukulan ataupun memar karena sebab yang lain, anda tidak perlu bingung untuk mengatasinya, dapat mencoba resep berikut :
Kelapa dan cuka.
Caranya: siapkan kelapa muda secukupnya dan diparut, setelah diparut tambahkan cuka dan campur kedua bahan tersebut sampai rata, kemudian oleskan ramuan itu pada luka memar anda. Selanjutnya balut luka itu dengan perban atau kain yang bersih, jika ramuan sudah kering olesi lagi dengan yang baru dan luka dibalut kembali. Setelah beberapa saat anda akan dapat melihat sendiri bahwa luka memar anda sudah pulih seperti semula.

35 . Luka baru

Getah pelepah pisang muda
Caranya: luka baru tersebut terlebih dahulu dibersihkan lalu pelepah pucuk pohon pisang dipotong dan teteskan getahnya pada kulit yang terluka, lalu diperban denghan kain bersih dan ingat selama pengobatan, luka tersebut jangan sampai terkena air selama beberapa hari.
Daun sirih.
Caranya: dua/tiga lembar daun sirih ditumbuk halus / dikunyah dan tambahkan sedikit minyak tanah, lalu tempelkan pada luka yang telah dibersihkan dan dibalut dengan perban.
1 buah jeruk nipis, kopi, jahe, dan merica
Caranya: air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu lalu merica yang sudah dihaluskan dicampur dengan 1 sendok makan kopi dan jahe yang sudah diparut dan diambil airnya. Semua bahan dicampur lalu disaring. Diminum cukup 1 kali seminggu, setelah +/- 4 minggu badan akan terasa sehat kembali.

36 . Kutil

Caranya : labu dipotong ujungnya, lalu oleskan getah labu pada kulit yang kena kutil. Ulangi beberapa kali setiap hari (dengan labu yang baru)
Minyak tanah dan kapur sirih
Caranya : bila kutil sudah membesar dan mulai pecah bagian atasnya, cucilah dengan minyak tanah dan olesi dengan kapur sirih. Lakukan sebelum tidur selama +/- 3 hari berturut – turut.

37 . Kurang darah

Telur ayam yang masih baru, bayam , madu
Caranya: daun bayam secukupnya kita pipiskan lalu diambil airnya (+/- 1 cangkir), tambahkan sebutir kuning telur ayam dan madu lalu kocok sampai rata benar. Diminum setiap hari +/- selama 1 bulan.

38 . Kuning

Orang yang terkena penyakit kuning, ciri – cirinya warana 2 matanya kuning serta air seninya berwarna keruh kecoklatan.
Pare ayam
Caranya: pare diparut lalu diperas dan ambil airnya, beri garam sedikit. Diminum sehari 3 kali masing-masing 1 sendok makan.
Buah pinang / jambe ( yang jatuh sendiri dari pohonnya).
Caranya:  buah pinang dikupas sabutnya lalu dagingnya diiris tipis – tipis, selanjutnya dijemur. Setelah kering digoreng sangan lalu ditumbuk halus (disaring diambil serbuk lembutnya). Selanjutnya serbuk halus tersebut kita sedu dengan air panas seperti membuat kopi, lalu diminum suam – suam kuku sehri 2 kali.

39 . Kuku mudah patah.

Apabila anda memiliki kuku yang tipis dan mudah patah, anda tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk mengatasinya.
Garam.
Caranya:  2 sendok makan garam dapur dan 2 gelas air hangat – hangat kuku, dicampur dan diaduk hingga garam menyatu dengan air. Setelah itu gunakan air garam tersebut untuk merendam kuku anda sampai  beberapa menit, lakukan dengan teratur niscaya kuku – kuku anda akan lebih kuat sehingga tidak mudah patah.
Bawang putih .
Caranya: ambillah satu suing bawang putih, kemudian kupas dan iris bawang menjadi dua bagian, setelah itu gosok – gosokkan bawang tersebut ke kuku anda . Lakukan sesering mungkin agar kuku anda lebih kuat.
Caranya: oleskan kapur sirih di kulit yang tersiram minyak panas. Setelah anda olesi dengan kapur sirih, kulit anda akan terasa dingin dan kulit anda pun tidak akan membengkak.

40 . Kulit keriput

Biasanya kaum ibu setelah melahirkan kulit perutnya berlipat – lipat (menggelambir), untuk mengatasinya cobalah ramuan berikut ini :
Kapur sirih, jeruk nipis dan minyak kayu putih.
Caranya: 1 sendok bubur air kapur sirih dicampur 1 sendok jeruk nipis lalu tambahkan 20 tetes minyak kayu putih. Selanjutnya oleskan pada perut sehabis mengalami persalinan. Lakukan berulang kali setiap hari, sampai kerutan berkurang.

41 . Kulit (halus)

Orang yang memiliki kulit halus pasti merasa bangga, apalagi wanita sebab akan menambah rasa percaya diri dan tentunya menambah cantik.
Beras ketan hitam, kunir dan kayu manis.
Caranya: segenggam beras ketan hitam digoreng di atas wajan sampai gosong, lalu ditumbuk bersama 1 batang kayu manis agak halus. Sedangkan 2 buah kunyit dikupas, cuci lalu diparut, selanjutnya semua bahan dicampur. Bila warnanya masih hitam dapat ditambah dengan kunyit lagi. Selanjutnya simpan ditempat tertutup. Menggunakannya dengan cara dioleskan ke seluruh tubuh termasuk wajah, hingga mongering, kemudian di lap dengan kain basah dan bersihkan dengan air. Lakukan tiap hari atau 3 kali seminggu.
Daun Lamtoro muda.
Caranya: ambil segenggam daun lamtoro yang masih muda, cuci dan tumbuklah sampai halus. Lalu gosokkan ke seluruh tubuh, biarkan sampai kering. Setelah kering basuhlah dengan  air atau mandi. Lakukan sebelum mandi selama +/- 3 minggu dan anda akan merasakan khasiatnya.
Madu (menghaluskan kulit wajah)
Caranya: 100 gram madu murni dicampur dengan 25 ml alcohol dan 25 ml air, aduk hingga rata. Kemudian lulurkan pada wajah selama 15 menit, setelah itu bersihkan dengan air hangat kemudian gosoklah wajah anda dengan es batu agar terasa segar. Lakukan seminggu sekali. Ingat ! sebelum luluran, wajah anda harus dalam keadaan bersih.

42 . Kudis

Penyakit kudis ini hampir sama dengan tukak tapi jenisnya berbeda dan tidak bercahaya dibandingkan dengan tukak.
Tokek (cecak)
Caranya: tokek / cecak digoreng kemudian dimakan. Ulangi beberapa kali sampai penyakit tersebut lenyap.

43 . Kudis besar

Penyakit ini adalah penyakit semacam borok yang berbahaya, dan biasanya tumbuh pada kaki atau anggota badan lainnya. Kalau sakitnya sudah lama, dalam lukanya akan berkembang biak ulat yang kecil-kecil. Tapi tak perlu gelisah sebab ada penyembuhannya.
Air sugi(air tembakau yang diselatkan di pangkal gigi pesirih)
Caranya: air tembakau (sugi) tersebut diteteskan pada luka tukak sampai rata. Kemudian si penderita diminta tidur agar obatnya cepat meresap ke dalam kulit.

44 . Jamu kuat


Kuning telur, air kunyit dan madu
Caranya: 1 butir kuning telur dikocok lalu tambahkan 1 sendok makan air kunyit, 1 sendok makan madu dan perasan jeruk nipis. Bagi pria dapat ditambah dengan lada dan anggur. Diminum 2x dalam seminggu.

45 . Koreng di kepala
Caranya: siapkan kelapa yang sudah tua lalu dibakar dalam bara hingga hitam (seluruhnya). Kemudian haluskan di tempat yang bersih sampai lembut, beri 2 atau 3 sendok makan minyak klentik yang dipanaskan . Tambahkan lagi dengan beberapa tetes minyak sereh dan aduk hingga rata (jangan terlalu enceer), selanjutnya untuk memudahkan pengobatannya , rambut disekitar koreng digundul, lalu bersihkan dengan air hangat atau obat pencuci koreng (dapat dibeli di apotek). Setelah kering oleskan salep/ramuan tadi hingga rata, pengobatan juga dapat dikakukan menjelang tidur dengan kepala ditutup kerudung supaya tidak mengotori bantal. Lakukan secara telaten.

46 . Batuk rejan

Daun sirih dan gula batu
Caranya: ambil 7 lembar daun sirih, cuci bersih dan direbus dengan 1 gelas air dan gula batu sampai mendidih hingga kira-kira tinggal  ½ gelas. Diminum tiap kali minumnya sebanyak 3 sendok makan. Lakukan beberapa kali, sampai batuk menghilang.

47 . Terkilir

Batang serai dan kemiri:
Caranya: serai ditumbuk agak kasar lalu dicampur dengan beberapa biji kemiri, tambahkan air dan panaskan. KAlau panas sudah suam-suam kuku, oleskan ke tempat yang terkilir, atau dapat juga kita kompres dan balut dengan air bersih.

48 . Keriting rambut

Orang yang memiliki rambut tipis biassanya lebih senang mengkeritingkan rambutnya agar kelihatan lebih tebal dan mengembang. Untuk mengkeritingkan rambut anda, tidak perlu harus ke salon, karena ada cara yang lebih mudah dan sederhana untuk membuat rambut keriting.
Daun seledri.
Caranya: ambilah daun seledri secukupnya lalu cuci sampai bersih. Setelah itu remas-remaslah daun seledri tersebut dan usapkan ke rambut anda beberapa menit. Lalu bilaslah dengan air bersih dan keramaslah dengan shampoo seperti biasa. Lakukan sampai beberapa kali.
Rambut berketombe memang sangat menjengkelkan, sebab kalau kita menggaruknya kita disangka banyak kutunya, padahal ditempat umum, malu kan jadinya, akan tetapi tidak perlu cemas, cobalah ramuan berikut ini:
Buah pace yang masak:
Caranya: beberapa buah pace diperas dan disaring lalu tambahkan sedikit air. Gunakan air tersebut untuk mencuci rambut. Setelah dicuci diamkan rambut selama +/- 5 menit, lalu bilas dengan air bersih  sampai bersih. Kalau baunya belum hilang dapat menggunakan sedikit shampo. Ulangi sehari 2-3 kali, dalam 2 – 3 minggu ketombe akan hilang.

50 . Ketiak bau

Pasta gigi/ odol
Caranya: setiap selesai mandi ambilah sedikit pasta gigi dan beri sedikit air, kemudian gosokkan pada ketiak, lakukan secara teratur setiap hari, dan anda akan merasakan khasiatnya. Selamat mencoba.

51 . Keringat bau

Bau keringat yang tidak enak dapat menyebabkan si penderita rendah diri dalam pergaulan dan ditempat umum. Untuk mengatasinya dapat dicoba ramuan berikut :
Temu lawak.
Caranya: temulawak dibuat menjadi minuman seperti membuat minuman jahe, diminum setiap pagi dan sore dilakukan beberapa kali, keringat anda tidak akan bau lagi.

52 . Keracunan ikan dan udang

Jahe dan minyak tanah
Caranya: jahe di kupas lalu diparut selanjutnya parutan jahe diberi sedikit minyak tanah (dicampur rata) lalu gosokkan merata pada punggung, kemudian dibawa tidur beberapa lamanya. Setelah bangun tidur tubuh akan mengeluarkan banyak keringat.
Bawang putih, jinten dan madu
Caranya: 2 sendok the bawang putih yang telah diparut dan 1 sendok teh jinten yang telah dihaluskan, dicampur dengan madu. Setelah minum ramuan ini akan lebih baik jika minum teh kental dengan sedikit gula atau dengan kopi hangat. Selain itu dapat juga melakukan cara yang sederhana dengan meminum air kelapa hijau.
Kunyit yang agak besar dan 5 pucuk daun beluntas.
Caranya: Kulit kita parut sedangkan daun beluntas.
Caranya: Kunyit diparut, sedangkan daun beluntas ditumbuk agak halus lalu bahan dicampur dan diperas dengan saringan . Air perasan tadi dicampur dengan asem dan gula aren  secukupnya. Diminum setiap akan tidur malam sebanyak ½ gelas, lakukan beberapa kali.

54 . Sakit kepala (pusing)

Daun turi, lada dan bawang putih 1 buah (kecil)
Caranya: semua bahan diatas dicampur dan ditumbuk halus dan tambahkan 2 sendok makan cuka dan aduk sampai tercampur reta kemudian oleskan disekitar kepala anda. Lakukan beberapa kali, sampai sembuh.
Kunyit.
Caranya: kunyit kita kunyah, dengan cara ini sakit kepala dapat segera hilang.
Bawang putih lanang (buah tunggal)
Caranya: ambil salah satu buah bawang putih yang berbuah tunggal dan kupas kulitnya, lalu memarkan sampai hampir halus dan telan semuanya (atau dengan cara langsung mengunyah bawang tersebut kalau anda tahan). Setelah itu minum segelas  air putih, dalam beberapa saat pusing yang anda rasakan akan segera hilang.

55 . Kencing manis

Petai cina yang tua dan kering
Caranya: petai cina di sangrai tanpa minyak lalu ditumbuk halus kemudian diminum seperti kita membuat kopi. Diminum secara teratur.
Tupai.
Caranya: tupai disembelih (bagian kulitnya dibuang) lalu digoreng, selama 7 hari 7 ekor tupai.

56 . Kencing batu

Daun tapak doro segar (yang berbunga putih)
Caranya : 1 genggam daun tapak doro direbus dengan 3 gelas air, setelah air tinggal kira-kira 1 gelas kemudian disaring dan diminum setiap pagi secara teratur.
Daun alpukat:
Caranya: daun alpukat kita rebus dengan air hingga mendidih, air rebusan diminum sehari 2 kali, pagi dan sore.
Sebatang tanaman bunga matahari beserta akarnya.
Caranya : batang tanaman bunga matahari dipotong +/- ½ cm diatas akar, kemudian cuci bersih lalu dimasak dengan air sampai mendidih hingga air tinggal kira-kira 1 gelas lalu saring dan dinginkan. Diminum sehari sekali, lakukan beberapa kali.

57 . Kembung

Perut kembung disebabkan  karena kita tidak dapat kentut dan kalau kita pukul perut kita akan berbunyi seperti kendang. Untuk mengatasinya dapat dicoba ramuan berikut ini:
Daun jarak:
Caranya: daun jarak kita panggang di atas kompor, setalah layu , daun tersebut kita olesi dengan minyak kayu putih. Dalam keadaan hangat lalu kita tempelkan  pada perut yang kembung dengan gurita. Biarkan beberapa lama, sampai kembung mulai berkurang/hilang.
Jahe.
Caranya: memarkan sepotong jahe yang telah dikupas dan dicuci sampai bersih, masukkan ke dalam gelas dan tuangkan air panas ke dalam gelas tersbut, tambahkan gula secukupnya dan aduk rata. Minumlah ramuan ini hangat-hangat kuku.

58 . Kunyit, jahe dan temu lawak.

Caranya: 3 ruas kunyit, 2 ruas jahe dan 2 ruas temu lawak sebesar ibu jari. Ketiga bahan tersebut diiris tipis kemudian rebuslah air sebanyak 3 – 4 gelas, setelah air mendidih, masukkan irisan ketiga bahan tersebut dan tambahkan pula gula aren secukupnya, aduk hingga air mendidih kembali. Setelah itu air disaring lalu diminum 1 – 2 kali sehari.

59 . Kejengkolan

Jengkol rasanya enak dan sedap bila dimasak atau digoreng. Jadi jangan heran bila ada orang yang sangat suka memakan sayur ini , tapi bila makannya berlebihan dapat mengakibatkan sakit kejengkolan. Cobalah ramuan berikut ini untuk mengatasinya.
Kulit jengkol:
Caranya: Kulit jengkol direbus hingga mendidih  dan warnanya hitam pekat, dinginkan baru diminum. Setelah kita merasakan akan buang air seni, minumlah air putih sekenyangnya, setelah itu keluarkan air seni dan anda akan melihat air seni berwarna keputih-putihan seperti kapur, itu tandanya getah jengkol yang melekat dikantong seni telah dibersihkan, lakukan beberapa kali .

60. Kandung seni

Orang yang menderita penyakit ini biasanya waktu buang air seni merasakan sakit sangat perih.
Buah sirsat
Caranya: buah sirsat dibuat kolak tapi mengolaknya tanpa gula pasir, tapi dengan gula batu dan garam secukupnya.

61 . Kapal kaki

Jeruk nipis yang masih segar, kemudian gosokkan kebagian yang terkena kapalan. Biarkan irisan itu menumpuk di bagian kaki yang kapalan semalam suntuk. Lakukan secara teratur sampai kapalan hilang dengan sendirinya.

62 . Kaki bersisik (kasar)

Kaki berisik biasanya dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri bagi penderita, apalagi bila mengenakan sepatu terbuka.
Buah pace:
Caranya: buah pace dibelah lalu digosokkan pada kaki yang bersisik, diamkan +/- ¼ jam lalu dicuci bersih dengan air hangat, lakukan berulang –ulang diharapkan bagian yang bersisik dan pecah-pecah akan hilang.

63 . Jerawat.

Muka berjerawat bagi kita sangat menjengkelkan terutama bagi remaja yang dapat menyebabkan kurang percaya diri dalam pergaulan. Untuk mengatasinya dapat dicoba ramuan berikut:
Tomat.
Caranya: sebelum tidur malam bersihkan muka dengan air hangat lalu tomat yang masak dibelah menjadi beberapa bagian. Kemudian kita poles-poleskan ke muka kita hingga rata dan buang isi tomat yang menempel, kita biarkan sampai kering hingga kita tidur, paginya baru dibersihkan dengan air hangat. Lakukan secara teratur.
Uap air rendaman teh:
Caranya : sebelum tidur buatlah rendaman teh dengan air panas dalam panci, lalu hadangkan muka anda diatas uap teh tersebut, setelah bangun tidur ulangi lagi seperti cara tadi dan lakukan secara teratur.

64 . Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya, untuk itu dapat dicoba ramuan berikut :
Daun sirih, bawang merah, kemukus, dan jinten putih.
Caranya : ambil 3 lembar daun sirih yang ketemu 2 ruasnya, 3 biji bawang merah, 14 biji kemukus dan 1 sendok makan jinten putih, semua bahan dicuci bersih kecuali jinten, kemudian ditumbuk halus lalu beri air matang +/- 4 sendok makan . Diminum sehari 2 kali secara teratur.

65 . Influensa

Penyakit influenza dikenal sebagai penyakit yang mudah menular. Cobalah ramuan berikut untuk pengobatannya.
Daun papaya muda dan garam.
Caranya: ambil dua atau tiga lembar daun papaya, kemudian dicuci bersih dengan air lalu ditumbuk halus dan diperas dengan saringan air. Selanjutnya air perasan diberi garam ½ bagian dan diaduk sampai rata. Diminum sehari 2 kali, masing-masing 1 sendok makan.
Nanas, cengkeh, kayu manis.
Caranya: kupaslah 1 buah nanas lalu diparut, kemudian tumbuklah cengkeh dan kayu manis sampai halus. Selanjutnya campurkan dengan nanas yang telah diparut tadi dan tambahkan gula aren secukupnya. Setelah semua bahan tercampur, saring dan ambilah airnya untuk diminum 2 atau 3 kali sehari secara teratur.

66 . Infeksi pada pusar bayi

Bayi yang baru beberapa hari lahir setelah pusarnya lepas kadang dapat menyebabkan infeksi pada bayi. Untuk mencegah agar pusar bayi tidak infeksi, dapat dicoba ramuan berikut:
Air susu ibu:
Caranya: luka pada pusar bayi tersebut diolesi dengan air susu ibu si bayi, lakukan beberapa kali, luka di pusar akan mengering.

67 . Impoten.

1 ons jahe (diparut dan diambil airnya)
1 butir telur ayam (dikocok)
1 buah jeruk nipis (diperas lalu diambil airnya)
1 sendok makan kecap
1 sendok makan madu
7 merica dihaluskan
Caranya: seluruh bahan dicampur lalu dikocok sampai tercampur betul, selanjutnya diminum pada saat akan tidur malam.

68 . Haid berbau amis

Apabila anda memiliki masalah tentang haid yang berbau amis, maka anda dapat mencegah agar darah yang anda keluarkan tidak berbau amis dengan mencoba ramuan berikut ini.
Daun sirih, kunyit, serai, kencur, jahe dan temugiring
Caranya: 1 lembar daun sirih, satu ruas kunyit, satu ruas serai, satu ruas kencur, sdikit jahe dan temugiring serta beri sedikit gula merah. Semua bahan – bahan tersebut ditumbuk sampai halus, setelah halus berilah air lalu disaring. Biarkan sampai beberapa menit, lalu diminum. Setelah mencobanya haid andda tidak akan berbau lagi.

69 . Haid tidak teratur

Ada sebagian wanita yang mengalami haid tidak teratur. Kadang waktu datangnya haid maju atau mundur. Cobalah ramuan berikut ini untuk mengatasinya.bahan: 1 sendok makan madu, 7 butir merica dihaluskan.
Caranya: seluruh bahan dicampur lalu dikocok sampai tercampur betul, selanjutnya dijminum pada saat akan tidur malam.

70 . Haid Nyeri

Biasanya waktu menjelang haid perut terasa nyeri dan badan terasa panas dingin keringat bercucuran. Untuk menghilangkannya ada cara yang mudah.
Bawang merah dan minyak tanah,
Caranya : 2 biji bawang merah diiris tipis-tipis dicampur dengan 1 sendok minyak tanah lalu diremas-remas, selanjutnya diusap-usapkan ke perut sambil ditekan-tekan. Lakukan 3 sampai 4 kali, nyeri akan berkurang.

71 . Gondok

Getah pohon kamboja.
Caranya: Oleskan getah pohon kamboja pada bagian yang sakit, lakukan berulang-ulang hingga mengempis.
Daun petai cina
Caranya: ambillah daun petai cina, lalu diremas-remas dan gosok-gosokkan pada bagian yang sakit.

72 . Gigi berkarat

Perokok berat biasanya memiliki gigi bergaris-garis hitam dan warna gigi kkuning-kuningan.  Untuk membersihkannya cobalah ramuan berikut :
Biji asam jawa
Caranya: biji asam jawa digoreng tanpa minyak sampai gosong lalu ditumbuk halus, selanjutnya digosokkan pada gigi yang berkarat dengan sikat gigi atau kain. Lakukan berulang – ulang, niscaya gigi anda akan tampak putih dan bersih kembali.

73 . Encok

Lada dan merica
Caranya: bahan diulek dan diberi air lalu dioleskan ke badan yang sakit encok. Lakukan secara teratur, Insya Allah akan sembuh.

74 . Eksim (gatal – gatal)

Biasanya badan yang gatal-gatal akan timbul bintik – bintik merah dan kalau digaruk lecet kulit menjadi hitam dan membekas.
Kemiri dan kunyit.
Caranya: 2 buah kemiri dan kunyit sebesar jari kelingking dipanggang di atas api lalu digerus halus, setelah lembut dan masih panas dioleskan ke tempat yang gatal-gatal.
Daun jarak.
Caranya: ambil daun jarak sebanyak 10 lembar dan rebuslah. Setelah direbus airnya dapat dipakai untuk mandi. Lakukan setiap hari secara teratur.

75 . Eksim (koreng)

Beras, kulit jambu bol, batang pohon sekili lalang dan daun sirih.
Caranya: ke 3 bahan diatas ditumbuk halus, diaduk sampai tercampur sedangkan daun sirih direbus dengan air. Cara memakai: luka dibersihkan dengan air rebusan daun sirih, setelah itu oleskan bedak (parem) yang ditumbuk tadi. Pengobatan dilakukan sehari 2 sampai 3 kali.
Ketela:
Caranya: ambilah 1 ketela pohon dikupas lalu dicuci dengan menggunakan air panas, setelah dicuci parutlah ketela tersebut dan berilah korenganda dengan parutan ketela tadi. Setelah itu balut denga perban atau kain yang  bersih, gantilah balutan itu sehari dua kali, pagi dan sore. Dengan cara ini koreng diharapkan akan sembuh.

76 . Tertelan duri ikan

Daging ikan banyak yang mempunyai dari-duri halus, misal bandeng. Kalau tidak hati-hati waktu memakannya mungkin bias saja duri tersebut tertelan. Untuk menghilangkannya cobalah dengan :
Minyak kelapa:
Caranya: ambil minyak kelapa lalu dioleskan ke dubur, tunggu beberapa saat, duri akan keluar.

77 . Disentri

Biji kopi dan daun papaya.
Caranya: digoreng sangan tanpa minyak dengan api besar sampai hitam tapi dalamnya tetap kuning keputih – putiahn, kemudian ditumbuk menjadi tepung. Sedangkan daun papaya dikeringkan tidak langsung kena sinar matahari. Setelah kering ditumbuk sampai halus. Obat ini diberikan tiap hari 3 sampai 6 kali dan tiap satu gram 1 jenis tepung.
Gambir dan kapur sirih :
Caranya: gambir 10 gram, kapur sirih 10 gram dan air 10 gram dicampur lalu diperas dan airnya diminum tiap hari 3 sampai 4 kali sebanyak 1 sendok makan.

78 . Sakit saat Haid

Biasanya penderita ini agak susah mendapatkan keturunan.
Air kelapa dan gula aren/gula merah
Caranya: ambil air kelapa ke dalam gelas, masukkan gula aren( gula merah) secukupnya, aduk hingga gula larut. Ramuan ini diminum waktu mensturasi, lakukan sehari 2 kali selama +/- 3 hari.

79 . Demam berdarah

Jeruk pecel dan degan hijau.
Caranya: degan hijau diambil airnya lalu tambahkan peresan air jeruk, selanjutnya minumkan ramuan ini pada penderita.

80 . Diare (mencret)


Biji papaya.
Caranya ambil bheberapa biji papaya yang sudah masak lalu kunyah, Insya Allah diare akan sembuh.
Air Tajin (cairan kental yang ada pada beras yang direbus)
Caranya: minumkan tajin tersebut kepada penderita setiap saat niscaya akan segera sembuh.

81 . Kurang Darah


Madu, bayam, telur ayam kampong
Caranya: Bayam secukupnya dipipis, peras airnya, ambil +/- 1/3 gelas, masukkan kuning telur, tambahkan sedikit madu, kocok sampai rata dan diminum setiap hari sekali.

82 . Darah rendah


Apabila anda menderita penyakit tekanan darah rendah , maka anda tidak perlu merasa takut karena ada cara untuk menyembuhkannya.
Kurma:
Caranya: ambillah 5 buah kurma, lalu sedu dengan air mendidih dalam gelas. Biarkan +/- sehari semalam, setelah itu pagi harinya anda dapat meminum airnya. Lakukan secara rutin, Insya Allah anda akan segera sembuh.

83 . Darah Tinggi.


Pepaya Muda
Caranya : papaya diparut lalu diperas sampai airnya keluar, air sari papaya tersebut diminum.
Pace (mengkudu)
Caranya: buah pace yang sudah masak diperas lalu disaring airnya dan seterusnya diminum.
Daun seledri.
Caranya : daun seledri secukpnya lalu ditumbuk sampai halus , tuangkan air yang telah masak sedikit, selanjutnya peras dan saring. Diminum +/- ¼ gelas tiap hari.
Ranbut jagung:
Caranya: ambil rambut jagung secukupnya kira – kira segenggam, lalu direbus dengan air +/- 1 liter sampai airnya tinggal setengah. Selanjutnya air tersebut diminum sehari 2 kali.

84 . Congekan


Penyakit ini biasa dideerita anak-anak pada waktu badan agak panas.
Caranya : Katak hijau dimasak apa saja lalu diberikan pada penderita untuk dimakan.

85 . Caplak (kutil)


Kapur sirih, daun kemangi dan sabun:
Caranya: satukan bahan kemudian dihaluskan. Ramuan ini dipakai untuk mengolesi caplak. Lakukan berulang – ulang setiap hari, insya Allah caplak tersebut akan hilang tanpa bekas.
  
86 . Cacat bekas cacar

Cumi – cumi
Caranya cumi-cumi dijemur lalu dibersihkan selanjutnya ditumbuk hingga halus. Saring bubuk cumi tersebut, oleskan bubuk tersebut kalau akan tidur. Insya Allah bekas cacar akan hilang.

87 . Cacar air

4 lembar daun sirih ukuran sedang, 1 ibu jari dlingo, 1 jambe muda, bangle ½ nya dlingo, 1 siung  bawang merah, 1 ibu jari temu rose, 1 sendok makan jinten hitam dan mesuji secukupnya. Semua bahan dilumatkan dan tuangkan air ½ gelas. Ramuan tersebut disaring dan duiminumkan pada penderita sehari 3 sendok makan.

  88 . Cacing kremi


Caranya: wortel diparut lalu parutan tersebut diperas dan ambil airnya, lalu tambahkan air santan sebanding dengan air wortel tersebut selanjutnya berilah sedikit garam. Ramuan ini diminumkan pada penderita, Insya Allah sembuh dan cacing kremi akan keluar semua.

89 . Cacingan

Biji Mlanding lamtoro (petai cina)
Caranya : biji mlanding yang sudah kering digoreng sampai warnanya kehitam – hitaman lalu ditumbuk sampai halus dan selanjutnya disedu dengan air hangat.
Ramuan ini diminumkan pada penderita niscaaya cacing akan keluar dengan sendirinya.

90 . Memperlebat Bulu Kumis

Bagi anda yang memiliki problem tentang bulu kumis, bulu cambang, jenggot yang sulit tumbuh lebat, maka cobalah cara berikut ini.

Sumsum tulang:
Caranya: ambillah sumsum tulang yang sudah dimasak, lalu oleskan ke daerah yang ingin anda tumbuhkan. Lakukan setiap hari dan setelah dua minggu anda akan dapat melihat sendiri tumbuhnya bulu-bulu seperti yang anda inginkan.

91 . Bulu Tangan dan kaki

Biasanya seorang wanita akan merasa risih atau malu apabila memiliki bulu – bulu yang lebat pada tangan dan kaki, karena dengan bulu – bulu tersebut maka tangan dan kaki tidak akan kelihatan halus. Untuk menghilangkan caranya cukup sederhana dan mudah.
Madu
Caranya: ambillah madu secukupnya, kemudian oleskan madu tersebut pada tangan dan kaki yang berbulu. Biarkan hingga kering, setelah kering bersihkan dan lap dengan kain flannel. Lakukan setiap hari, dalam beberapa hari tangan dan kaki anda akan tampak lebih halus dari sebelumnya.

92 . Bulu Mata Lentik

Setiap wanita mendambakan bulu mata yang lentik, dengan bulu mata yang lentik maka mata anda akan kelihatan lebih indah dan akan menambah kecantikan anda. Apabila ingin mendapatkan bulu mata yang lentik, maka cobalah resep ini.

Daun sirih dan lidah buaya:
Caranya: ambillah 1 atau 2 batang  daun sirih dan lidah buaya yang sudah tua. Kemudian batang daun sirih dicelupkan pada lidah buaya, selanjutnya sapukan batang daun sirih ke bulu mata anda. Lakukan secara teratur maka anda akan mendapatkan bulu mata lentik dan anda akan kelihatan lebih cantik.

93 . Borok yang Kronis (tukak/kudis) 

Tembakau:

Caranya : tembakau diberi air sedikit lalu diperas agar air tembakau keluar, teteskan air tembakau tersebut ke bagian borok tersebut sampai meresap, niscaya borok cepat kering dan sembuh.
  
94 . Biang keringat

Bila anak anda terkena biang keringat (keringat buntet) anda tidak perlu khawatir karena hal seperti itu sudah biasa terjadi pada anak-anak terutama pada waktu musim panas. Cara mengobatinya sangat mudah.

Garam:
CAranya: berilah satu sendok the garam pada air yang akan anda gunakan untuk memandikan anak, lalu mandikan seperti biasa dan untuk sementara jangan menggunakan sambun dulu. Lakukan secara teratur pagi dan sore, dalam waktu satu minggu biang keringat akan segera hilang.

95 . Bisul di kepala (Keongen)

Bisul ini biasanya diderita oleh anak-anak. Penyakit ini bisa diobati dengan cara yang sederhana dan mudah.

Kentang :
Caranya: sebuah kentang dicuci bersih lalu diparut, kemudian dipupukkan pada bisul yang timbul. Biarkan melekat dan mongering sampai terlepas dengan sendirinya. Apabila bisulnya belum bisa mongering diulangi lagi dengan cara yang sama.

96 . Bisul sejenis cacar

Caranya daun jarak +/- 7 lembar direbus sampai setengah matang. Air rebusan dipakai untuk mandi dan daunnya dipakai untuk gosokan. Sehari mandi dengan cara ini  2 kali sehari selama 3 hari.

97 . Bidur (biduren)

Merica:

Caranya: merica digerus, beri sedikit minyak tanah. Ramuan ini dioleskan ke seluruh tubuh yang kena bidur.
Buah Jambe:
Caranya : buah jambe dicuci lalu dikupas setelah itu digoreng tanpa minyak (di sangrai) sampai kering lalu dibuat bubuk. Cara meminumnya seperti membuat kopi yaitu : ambil gelas masukkan 1 sendok the gula pasir  dan 1 sendok teh bubuk jambe, tuangkan air panas setelah agak dingin diminum.

98 . Bengkak kaki ibu hamil

Kaki bengkak sering dialami oleh wanita yang sedang hamil, tetapi anda tidak perlu bingung untuk mengatasinya, Cobalah cara yang mudah dan sederhana berikut ini:

Kecambah (taoge)
Caranya: kecambah ditaruh di panci (sebelumnya dicuci bersih) lalu diberi air panas secukupnya. Saring air tersebut setelah hangat-hangat kuku lalu diminum. Cobalah beberapa kali semoga sembuh seperti semula.

99 . Bengkak terkilir

Wijen dan beras

Caranya : wijen +/- 1 sendok ditumbuk sampai halus. Beras 1 sendok ditumbuk sampai halus lalu dicampur  diberi air hangat diaduk sampai rata. Ramuan ini dipakai untuk lulur pada bagian yang bengkak terkilir.

100 . Obat sakit batuk

Daun sirih, daun saga, dan kayu manis

Caranya: 5 lembar daun sirih, 5 lembar daun saga dan sedikit kayu manis dibersihkan lalu direbus sampai mendidih, masukkan gula batu sedikit. Usahakan air tinggal +/- 1 gelas buat diminum penderita.

Kencur dan garam:
Caranya : kencur dikupas lalu dicuci bersih selanjutnya dimakan dengan diberi garam sedikit – sedikit.

Daun lidah buaya dan madu asli:
Caranya :daun lidah buaya diambil dagingnya lalu diiris – iris halus +/- 15 gram lalu diberi madu +/- 30 cc, selanjutnya diminum. Usahakan sehari minum 2 kali selama +/- satu minggu.

Biji buah pala
Caranya : ½  biji buah pala diparut lalu dicampur air jeruk nipis dan diberi minyak kayu putih +/- 2 sendok the (diaduk sampai rata). Penderita digosok dengan ramuan ini pada dada dan punggungnya 2 kali sehari. Lakukan secara teratur Insya Allah akan segera sembuh.

101 . Obat sakit asma

Bagi yang menggemari ramuan jamu obat tardisional /kuno berikut ramuan -ramuan jamu tersebut yang peniulis ambil (bersumber) dari  buku Obat Kuno warisan leluhur , karangan Ny Ambarsari. Semoga bermanfaat,

Penyakit asma atau sesak napas dapat disembuhkan dengan berbagai macam pengobatan tradisional:
- Kalong (hewan sejenis kelelawar)
Hewan ini mempunyai khasiat yang ampuh untuk menyembuhkan asma. Caranya: dagingnya atau hatinya dimasak apa saja, bisa juga digoreng buat makan bagi  penderita. Usahakan selang 2 atau 3 hari sekali sampai sembuh.

102 . Kecubung (Datura Fastuosa Linn)

Caranya: daun dan bunga kecubung dirajang halus seperti tembakau, selanjutnya dijemur sampai kering. Setelah kering dilinting pakai klobot (daun jagung) yang sudah kering. Lintingan diisap bila asma kambuh.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar