Senin, 21 Mei 2012

LIDAH BUAYA ( ALOE VERA )


LIDAH BUAYA ( ALOE VERA )

Berbatang pendek dan basah. Batangnya tidak kelihatan karena tertutup oleh daun-daun yang rapat dan sebagaian terbenam dalam tanah. Melalui batang ini akan muncul tunas-tunas yang selanjutnya menjadikan anakkan lidah buaya lidah buaya. Lidah buaya daunnya tebal, warnanya hijau muda sampai tua. Bentuk daunnya lonjong dan meruncing pada bagian ujung, tepi bergerigi (berduri kecil). Daunnya mudah dibelah dan mengeluarkan lendir yang berwarna kuning kemerahan (jingga), jika sedang berbunga tampak kelihatan indah, serasi dengan warna daunnya.
Lidah Buaya

Bagai mana cara menanamnya   ?

Tanaman hias ini mudah ditanam dan tidak membutuhkan banyak pemeliharaan. Bahkan bisa ditanam sebagai tanaman pot.
Untuk menanam lidah dalam pot, caranya sebagai berikut  :
Pot yang paling baik adalah yang terbuat dari tanah. Sebelum ditanami, bagian dasarnya diberi pecahan bata merah atau genting kira-kira 1/5 tingginya. Campuri tanahnya dengan kompos dan pasir, dengan perbandingan yang sama.
Adapun bibitnya adalah potongan akar yang mempunyai bakal tunas, karena dari akar akan tumbuh menjadi tanaman induknya. Selain akar, bibit lidah dan langsung ditanam pada pot.

KHASIAT LIDAH BUAYA

Bagian yang biasa dimanfaatkan dari lidah buaya adalah daunnya. Karena daun lidah buaya banyak mengandung getah dan lendir yang mengandung persenyawaan kimia aloin dan aloe emodin.
Penyakit yang dapat diobati oleh daun lidah buaya adalah sebagai berikut  : 
1 . Lendir daun biasa dipakai untuk obat pencuci rambut, sekaligus penyubur rambut.Obat sesak napas. 
2 . Dengan cara meminum cairan kental yang dipers dari daunnya.Sebagai obat herbal batuk. 
3 .Perut daun lidah buaya, peras dan saring. Campur dengan madu air perasan tadi, kemudian minum secara teratur. 
4 .Dapat pula mengobati sakit kepala, pusing, sembelit, kejang pada anak, kurang gizi, kencing manis, wasir, peluruh haid, cacingan pada anak dan muntah darah. 

Lidah buaya bekerja secara ajaib pada kulit kering dengan merapikan area kasar dan memberikan gizi pada sel kulit. Lidah buaya mengandung kadar vitamin E yang tinggi. Vitamin E bekerja pada permukaan kulit untuk kelancaran keluar dari tampilan garis-garis halus, bintik-bintik penuaan, dan bekas luka bisa menjadi tampak halus, dan kulit pun tampak lebih muda.

Vitamin C, juga ditemukan dalam jumlah tinggi dalam gel dari tanaman ini, manfaat lidah buaya yang mengandung vitamin C ini adalah sebagai anti-oksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kolagen merupakan protein struktural yang memecah dari waktu ke waktu. Dengan membangun tingkat kolagen, vitamin C membantu sel-sel kulit gemuk.

Asam amino bekerja secara eksternal pada kulit dengan menambahkan kolagen dan membangun protein. Protein asam amino halus melindungi tingkat kelembaban di kulit dengan ikatan sel-sel kulit.

Bintik-bintik dan perubahan warna pigmen kulit merupakan bagian tak terhindarkan dari proses penuaan kulit. Anda mengalami kerusakan dari radikal bebas dan radiasi UV. Nah, gel lidah buaya merupakan alam alami yang bisa mencerahkan warna gelap pada kulit.

Anda juga dapat mengobati mata bengkak dengan gel lidah buaya. Di pagi hari, mata bisa terlihat bengkak. Gosok beberapa gel di sekitar mata. Gel lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi dan bisa langsung bekerja sehingga Anda tampak segar dan terjaga ketika Anda bangun dari tidur dan menuju pintu.

Manfaat lidah buaya untuk menyembuhkan kulit rusak. Studi menunjukkan bahwa luka-luka kecil dan retak akan sembuh dan menjadi lebih baik ketika diobati dengan lidah buaya. Senyawa dalam lidah buaya melawan infeksi jamur dan bakteri, merangsang proses penyembuhan dan mendorong kulit untuk membangun kembali di kawasan yang rusak. Dan, sebagai anestesi alami, mengurangi rasa sakit di semua tahapan dalam proses penyembuhan.

Lidah buaya benar-benar bermanfaat dalam menjaga kulit tetap sehat bercahaya dan memperbaiki kerusakan kulit dengan menggunakan lidah buaya sehari-hari. Untuk rutinitas perawatan harian kulit anda, anda bisa menambahkan gel lidah buaya pada krim wajah dan toner. Cukup mudah.

Anda bisa menggunakan gel lidah langsung dari tanaman lidah buaya yang ditanam di depan halaman rumah Anda. Daun lidah buaya dicampurkan dengan gel, Cukup mematahkan tangkai lidah buaya dan peras gel ke tangan Anda.

 
Lidah buaya adalah jenis tumbuhan liar ditempat yang berhawa panas atau ditanam orang dipot dan pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Namun ada pula yang menanamnya dikebun sebagai lahan bisnis, karena saat ini lidah buaya banyak diminati untuk dijadikan bahan baku sampo.
Jenis tumbuhan ini ternyata bukan hanya terkenal di Indonesia saja. Di Eropa dan Amerika pun lidah buaya sudah cukup populer sejak ratusan tahun yang silam. Sehingga lidah buaya ini pun memiliki beberapa nama lokal, misalnya, “Lidah buaya” (Indonesia), “Crocodiles tongues” (Inggris), “Jadam” (Malaysia), “Salvila” (Spanyol) dan “Lu Hui” (Cina).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar